RECENT POST


Minggu, 24 April 2011

Dibekap Pelita Jaya, Arema Indonesia Gagal Geser Persija Jakarta


Oleh Donny Afroni:
Arema Indonesia gagal menggeser Persija Jakarta setelah menelan kekalahan tipis 1-0 dari Pelita Jaya Karawang dalam lanjutan Superliga Indonesia 2010/11 di Stadion Singaperbangsa, Minggu [24/4] malam WIB.

Kekalahan itu membuat Arema tertahan di posisi keempat klasemen sementara dengan koleksi nilai 37. Koleksi poin Arema sama dengan Persija Jakarta yang sehari sebelumnya menggilas Persisam Samarinda 7-2, namun tim Singo Edan kalah selisih gol.

Sedangkan kemenangan dari pertandingan ini mengangkat posisi Pelita Jaya dua tangga lebih baik ke peringkat sepuluh. Pelita Jaya kini mengoleksi nilai 26 dari 22 laga yang sudah dilalui.

Dalam pertandingan ini, Pelita Jaya dan Arema memperagakan permainan terbuka, sehingga serangan silih berganti dilakukan kedua tim. Namun, kondisi lapangan yang licin membuat pemain kedua tim mengalami kesulitan untuk mengendalikan bola.

Pelita Jaya mengawali pertandingan dengan baik. Sejumlah peluang berhasil diperoleh melalui Safee Sali dan Juan Ramirez. Namun penyelesaian akhir yang tidak bagus membuat peluang itu terbuang percuma.

Arema mulai menemukan bentuk permainannya selepas laga berjalan 20 menit. Menerapkan strategi umpan pendek, serangan Arema mampu merepotkan barisan belakang Pelita Jaya yang dikomandoi Christopher Ross Doig. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Pelita Jaya dan Arema tidak mengalami perubahan di babak kedua. Namun, Pelita Jaya yang tak mau kehilangan angka di kandang lebih bermain agresif untuk menekan pertahanan lawan.

Belum lama babak kedua berlangsung, Pelita Jaya nyaris unggul ketika sundulan Abdul Rahman memanfaatkan sepak pojok, yang bisa ditepis kiper Kurnia Meiga, tapi bola membentur ke tiang gawang. Sebelum bola masuk ke dala gawang, Ahmad Bustomi melakukan penyelamatan dengan menendangnya keluar.

Upaya Pelita Jaya dalam menggedor pertahanan Arema akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-66. Kelengahan barisan belakang Singo Edan dalam mengantisipasi serangan dimanfaatkan Joko Sasongko untuk menceploskan bola ke dalam gawang Kurnia Meiga.

Arema pun berusaha mengejar defisit satu gol di pertandingan ini. Namun pertahanan solid yang dikembangkan tuan rumah membuat serangan Arema dengan mudah dipatahkan. Hingga pluit panjang ditiupkan wasit, Pelita Jaya berhasil mempertahankan skor 1-0.